13.5.09

50 PLANET BARU DITEMUKAN, SALAH SATUNYA BERPENGHUNI

Narasumber :
  • DAILY MAIL REPORTER, Last updated at 8:20 AM on 13th September 2011
  • http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2036631/Scientists-50-new-planets-alien-life.html
Para ilmuwan menemukan lima puluh planet baru ... dan salah satu dari mereka bisa memiliki kehidupan asing.

Astronom Eropa telah menemukan 50 planet baru di luar sistem tata surya kita, termasuk 16 yang merupakan ukuran yang mirip dengan Bumi.

Ini adalah jumlah terbesar planet seperti yang pernah diumumkan pada satu waktu.

Planet terbesar dari batch baru ini HD 85512 b, yang adalah 3,6 kali massa Bumi dan dapat ditemukan 36 tahun cahaya di konstelasi Vela.

Temuan menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari bintang seperti Matahari kita memiliki planet, dan bahwa banyak dari mereka dunia lebih ringan daripada Saturnus.

HD 85512 b adalah satu-satunya planet baru, dijuluki 'super-Bumi' yang terletak di zona habitasi sistem bintangnya.

Itulah daerah sekitar sebuah bintang di mana para ilmuwan percaya bahwa air bisa ada, dalam bentuk cair, membuat planet berpotensi dihuni.

Temuan baru yang dipresentasikan pada sebuah konferensi tentang Solar Systems Ekstrim di Wyoming, AS, di mana 350 adalah pertemuan para ahli planet ekstrasurya.

Penemuan ini dibuat oleh Planet Akurasi Kecepatan Radial Penyelidik Tinggi (HARPS), yang dipasang di Observatorium Selatan Eropa La Silla Observatory 11.8ft di Chile.

'Deteksi HD 85512 b adalah jauh dari batas HARPS, dan menunjukkan kemungkinan menemukan super-Bumi lainnya di zona layak huni di sekitar bintang mirip matahari, "kata astronom Universitas Jenewa Michel Mayor.

Super-Bumi, yang berkisar dari massa Bumi ke dunia 10 kali lebih besar, adalah dari minat khusus ke planet-pemburu karena itu berpikir bahwa mereka bisa menjadi lebih kondusif bagi perkembangan kehidupan dari planet kita sendiri.

Salah satu anggota tim, Lisa Kaltenegger, dari Institut Max Planck untuk Astronomi dan Harvard Smithsonian Pusat Astrofisika, mengatakan putaran terakhir temuan menandai era baru dalam pencarian planet.

"Kami benar-benar memasuki waktu yang sangat menarik dalam sejarah kami," katanya.

Ketika mencari planet ekstrasolar mulai lebih dari 15 tahun yang lalu, teleskop yang digunakan untuk tugas hanya bisa mendeteksi planet-planet raksasa seperti tata surya kita Jupiter. Sejak itu, teknik dan peralatan yang digunakan untuk pencarian telah menjadi jauh lebih sensitif.

HARPS bisa mendeteksi goyangan gravitasi sedikit disebabkan oleh planet sekecil bumi, jika mereka memiliki sangat dekat di orbit.

Pengamatan HARPS 'bintang 376 sunlike telah menyebabkan tim untuk menyimpulkan tidak hanya bahwa lebih dari separuh bintang seperti dikelilingi oleh planet-planet, tetapi juga bahwa sekitar 40 persen dari mereka memiliki setidaknya satu planet kurang masif dari Saturnus.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews