9.5.09

HADIST AKHLAK (BUDI PEKERTI)

ORANG PILIHAN, INDAH AKHLAKNYA
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

'Abdulloh bin 'Amr ra menyatakan, Muhammad Rosululloh saw bersabda, "Sesungguhnya orang-orang pilihan diantara kamu, adalah yang paling indah budi pekerti (akhlak) nya".

(HR. Muslim)

Keterangan :

"Indah" yang dimaksud dalam hadist tersebut adalah menyenangkan orang lain, namun tidak bertentangan dengan hukum agama. Jadi perbuatan yang menyenangkan orang lain, tetapi melanggar norma-norma agama, tidak dapat dikatakan indah.

AKHLAK BAIK DAPAT DAPAT MENGHAPUS DOSA
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda : "Budi pekerti yang baik dapat mencairkan dosa seperti air mencairkan gumpalan salju. Sedangkan perangai buruk dapat merusak amal saleh sebagaimana cuka merusak madu".

(HR. Baihaqi)

Keterangan :

Budi pekerti baik adalah perilaku yang menyenangkan orang lain. Misalnya, bicara dengan sopan, menepati janji, menghormati atau mendahulukan orang lain, dan suka memberikan pertolongan. Semua itu mendatangkan pahala dari Alloh SWT. Dan kelak di akhirat dapat mengurangi dosa-dosa yang telah kita lakukan. Tepatlah kiranya jika dinyatakan, budi pekerti yang baik dapat mencairkan (tepatnya menebus) dosa.

ANJURAN BERAKHLAK BAIK
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda: "Bertakwalah kepada Alloh di manapun kamu berada. Ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya perbuatan baik itu akan menghapusnya. Dan berakhlaklah yang baik terhadap sesama manusia".

(HR. Thobroni)

AKHLAK BAIK BERAT TIMBANGANNYA
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda : "Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat kelak, dibandingkan budi pekerti yang baik. Orang yang berbudi pekerti luhur dapat mencapai martabat orang yang berpuasa dan mendirikan sholat.

(HR. Achmad bin Hambal)

AKHLAK BAIK MENUTUPI KELEMAHAN IBADAH (1)
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda : "Dengan budi pekerti yang baik, manusia dapat mencapai martabat tinggi dan kedudukan mulia di akhirat, sekalipun ibadahnya lemah. Dengan perangai buruk, orang akan menempati kedudukan paling bawah di dalam neraka jahanam".

(HR. Thobroni)

AKHLAK BAIK MENUTUPI KELEMAHAN IBADAH (2)
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda : "Seorang muslim yang biasa-biasa saja dalam beribadah, namun memiliki budi pekerti dan akhlak yang terpuji akan dapat mencapai derajat setaraf dengan orang-orang yang banyak sholat, puasa, dan membaca Al-Qur'an".

(HR. Achmad bin Hambal)

Keterangan :

Yang dimaksud dengan "Biasa-biasa saja dalam beribadah", yaitu hanya melaksanakan ibadah-ibadah yang wajib. Misalnya sholatnya hanya lima waktu, dan puasanya hanya pada bulan romadhon. Tanpa menambahinya dengan sholat dan puasa sunnah. Namun pahala orang tersebut akan terus bertambah apabila selalu berperilaku baik, karena perilaku baik mendatangkan pahala.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews