13.5.09

BUS SUPER DI TES JALAN

Narasumber : Syubhan Akib - detikOto (Kamis, 23.09.10)

Amsterdam - Masih ingat dengan bus mirip limusin besar namun bisa melaju kencang hingga 250 km per jam? Kini bus itu rupanya sudah mulai dites jalan.

Bus yang dinamakan Superbus ini adalah sebuah bus masa depan yang mampu menampung 23 penumpang dengan desain interior dan kemewahan yang sama dengan kabin kelas bisnis di pesawat terbang. Bus ini memiliki panjang yang sama dengan bus konvensional namun ketinggiannya rendah sama seperti mobil SUV.

Dan dari tampangnya pula, Superbus yang digagas oleh sekelompok insinyur dan mahasiswa Belanda ini pun terlihat bagai sebuah limousine futuristik.

Belum lama ini bus masa depan tersebut sudah dites di sebuah sirkuit di Lelystad di Belanda, namun saat diuji hanya mencapai kecepatan maksimum 50 mph atau sekitar 80 km perjam.

Ini tentu tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya. Sebab ketika sketsa awal diperlihatkan, para perancangnya mengklaim Superbus ini akan menjadi bus tercepat di dunia dengan kecepatan maksiman hingga 250 km perjam.

Padahal material tubuh Superbus bisa dibilang merupakan material standar mobil sport seperti body dari bahan karbon yang didorong oleh empat motor listrik bertenaga total 804 hp. Karena itulah nantinya sopir akan dibantu oleh radar untuk mencegah tabrakan.

Bila jadi diproduksi nanti, Superbus juga akan mendapat perlakuan khusus dan akan diberi jalur khusus layaknya busway di Jakarta.

Pemerintah Belanda sendiri telah menginvestasikan dana hingga 7,5 juta poundsterling dari 8,4 juta poundsterling yang diperuntukkan bagi Superbus pertama yang akan memasuki tahap layanan di Belanda.

( syu / ddn )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews