9.5.09

HADIST AIB

PAHALA MENUTUPI AIB ORANG LAIN
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda, "Orang yang menutupi aib (kejelekan / keburukan) orang lain di dunia, kelak pada hari kiamat Alloh SWT akan menutupi aibnya".
(HR. Muslim)

Keterangan :

Hadist sejenis juga diriwayatkan oleh Imam Thobroni dengan redaksinya sebagai berikut : "Barangsiapa mengetahui keburukan saudaranya lalu ia menutupinya, pada hari kiamat Alloh akan menutupi dosanya."

PERUMPAMAAN ORANG YANG MENUTUPI AIB ORANG MUKMIN
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

"Barangsiapa menutupi cacat orang mukmin, seakan-akan ia telah menghidupkan kembali anak perempuan yang mati karena ditanam hidup-hidup".
(HR. Thobroni)

Keterangan :

Pada zaman jahiliyah (sebelum kedatangan Islam), orang Arab beranggapan anak perempuan membawa sial. Karena itu mereka selalu mengubur hidup-hidup anak perempuan yang baru dilahirkan. Lalu Islam melarang kebiasan buruk tersebut.

MEMBUKA AIB SENDIRI TERHITUNG DOSA
Narasumber : Syamsul Rijal Hamid

Muhammad Rosululloh saw bersabda,"Umatku akan mendapat ampunan kecuali orang yang terang-terangan berbuat dosa. Diantaranya, orang yang berbuat dosa pada malam hari lalu menceritakan perbuatannya esok harinya, padahal Alloh SWT telah menutupinya. Ia katakan : 'Hai fulan, saya tadi malam berbuat begini dan begitu'. Sesungguhnya malam itu Alloh SWT telah menutupi perbuatan dosanya, namun ia sendiri malah membukanya pada keesokan harinya".
(HR. Bukhori dan Muslim)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews