11.10.10

SEPUTAR ARTIKEL GRIYA GUNDALA

LIHAT FOTO PARA PANITIA SANTUNAN ANAK YATIM 2011 BOJONGSARI, TANGGAL 19 DESEMBER 2011 KLIK DISINI

Narasumber : Gatot M. Sutejo

SI YATIM BERSERI DI BOJONGSARI

Senin malam, 19 Desember 2011 menjelang waktu Isya’ serombongan anak yatim bergerak menuju satu tempat. Diiringi kerabat dan handai tolannya, mereka memegang suluh. Pancaran sinar ditingkahi lantunan shalawat nabi mengantar mereka. Pada hari itu hati mereka berbunga-bunga. Seluruh warga kampung menyambut mereka dalam perayaan Santunan Anak Yatim yang pada tahun ini dipusatkan di RT 01 / RW 06 Bojongsari – Depok.

Anak yatim adalah anak yang ditinggalkan mati ayahnya selagi ia belum mencapai umur baligh. Figur bapak yang strategis bagi perkembangan fisik, mental dan spriritual tidak mereka dapati. Maka penting bagi kita untuk juga memperhatikan nasib mereka sebagaimana kita juga memberi perhatian kepada anak-anak sendiri. Ini tiada lain demi untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai telantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab......

(baca selengkapnya .....)

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

METODE KEROKAN BAIKKAH UNTUK KESEHATAN

Narasumber : http://id.berita.yahoo.com/metode-kerokan-baikkah-untuk-kesehatan-095631180.html

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai orang Indonesia, tentu kita tidak asing dengan metode penyembuhan sendiri dengan cara menggosok tubuh dengan alat atau kerokan. Metode tradisional ini telah menjadi andalan banyak orang untuk mengatasi masuk angin, mual, atau tidak enak badan.

Meskipun terkesan tradisional, menurut ahli kedokteran olahraga dr Michael Triangto, Sp.KO, metode kerokan memang berkhasiat untuk menyembuhkan rasa tidak enak atau demam.

"Kerokan pada dasarnya adalah menipiskan kulit. Tindakan ini membuat panas tubuh mudah keluar sehingga suhu tubuh yang semula demam menjadi turun," kata dr Michael Triangto ketika ditemui dalam acara peluncuran produk koyo pereda nyeri otot di Jakarta, Selasa (13/9/2011).

Ia menambahkan, "hasil kerokan" sebaiknya tidak acak-acakan. "Baiknya jika (dilakukan) seperti motif tulang daun atau ikan karena bentuk serat otot memang demikian. Saat kerokan pun ada faktor penekanan sehingga seperti pemijatan. Hal ini akan memberi efek pemanjangan pada otot-otot yang memendek karena peradangan. Dengan begitu rasa pegal-pegal pun akan hilang," papar dokter yang berpraktik di klinik Slim and Health ini.

Kendati begitu, Triangto menekankan bahwa tidak semua orang cocok dengan metode penyembuhan alternatif yang satu ini. "Ada yang tidak suka karena kesakitan," imbuhnya.

SENAM IBU HAMIL

Narasumber :

http://id.berita.yahoo.com/ibu-hamil-sebelum-olahraga-perhatikan-hal-berikut-ya-005629624.html

TRIBUNNEWS.COM - Kehamilan bukanlah waktunya untuk duduk-duduk, malas menunggu kedatangan majalah baru. Banyak ibu hamil ketika mereka mengetahui kehamilannya hingga beberapa bulan setelah melahirkan, adalah saatnya pergi ke pusat kebugaran.

Benar juga demikian adanya. Bahwa kehamilan adalah saat yang paling penting untuk mendapatkan olahraga yang serius.

Ada tiga alasan utama mengapa olahraga sangat penting untuk kehamilan:

Pertama, untuk membantu ibu hamil mengendalikan berat badan. Ibu hamil hanya membutuhkan 300 kalori tambahan, tapi kadang mereka cenderung menyantap es krim dan keju panggang dengan porsi besar. Jika tidak ingin terjebak untuk menurunkan berat badan sekitar 20 kg setelah melahirkan, berarti ibu hamil harus menjaga berat badan sekarang dan membuatnya tetap bugar.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

AWAS ! NONTON KARTUN MERUSAK MEMORI BALITA

Narasumber :
http://id.berita.yahoo.com/awas-nonton-kartun-merusak-memori-balita-023902381.html

TRIBUNNEWS.COM - Sering menonton kartun cepat ternyata merugikan kemampuan balita untuk berkonsentrasi dan memecahkan teka-teki berbasis logika. Parahnya, satu penelitian menyebutkan kebiasaan ini juga bisa merusak memori jangka pendek mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Virginia di AS ini melibatkan 64 anak yang secara acak dibagi dalam tiga kelompok.

Satu kelompok diminta secara khusus menonton sembilan menit kartun SpongeBob SquarePants yang populer, di mana perubahan adegan terjadi pada rata-rata setiap 11 detik.

Kelompok lain mengamati kartun pendidikan dengan perubahan adegan rata-rata setiap 34 detik, sedangkan kelompok terakhir diizinkan untuk menggambar.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

7 KOTA IMPIAN BARU
Narasumber :
http://id.berita.yahoo.com/tujuh-kota-impian-baru.html

Sejak Indonesia mengalami era pembangunan, Jakarta seolah menjadi pusat segalanya. Baik itu kegiatan ekonomi, pengambilan keputusan-keputusan politis, maupun pusat kehidupan. Selama berpuluh-puluh tahun, berbagai media di Indonesia juga menyoroti permasalahan Jakarta (kemacetan, banjir, kepadatan penduduk) seolah semuanya adalah persoalan nasional.

Sementara itu, ada berbagai pusat ekonomi baru dan kota-kota yang tumbuh, menyejahterakan penduduknya, tapi tidak tersorot oleh media nasional. Cerita-cerita tentang kehidupan mereka yang tinggal di luar Jakarta luput dari perhatian. Padahal, menurut kami, cerita-cerita ini penting untuk menunjukkan bahwa peluang meraih pendapatan ada di berbagai kota di Indonesia (meski pemerataan kesempatan masih jadi isu besar di negeri ini).

Melalui artikel "Mencari Pesaing Berarti buat Jakarta", kami mencari cerita-cerita tentang kota-kota lain yang menggiurkan buat pencari kerja, tapi belum mendapat porsi besar pemberitaan. Dan kami menerima banyak masukan serta cerita. Berikut daftar kota yang masuk dalam usulan menjadi pesaing Jakarta. ..........

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

AL-QUR'AN SALAH CETAK DI TEMUKAN DI SAUDI ARABIA
Narasumber : Republika – 23 jam yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, Kantor Berita Fars melaporkan, Wakil Menteri Keislaman di bidang penerbitan dan penelitian, Mosaid Al-Hadisi dalam wawancaranya dengan Koran Saudi, Al-Watan mengatakan, "Sebagian Alquran yang dijual di toko-toko buku Saudi salah cetak."

Sebagian Alquran tersebut berada di tangan para jamaah umrah di Mekah dan Madinah. Di atas Alquran tersebut tertulis nama pemberi wakaf. Tertulis pula bahwa Alquran tersebut diterbitkan oleh penerbitan Suriah dan Lebanon.

"Melihat kenyataan ini maka kami menuntut pengumpulan semua Alquran tersebut," katanya menegaskan. Al-Hadisi menambahkan, sebagian pegawai penerbit yang mencetak Alquran tersebut adalah non-Muslim.

"Kementerian bagian keislaman telah menerima sebuah Alquran cetakan Cina. Bentuk cetakan tersebut seperti hasil penerbitan Fahad tapi hisbnya kurang sempurna," tutur al-Hadisi.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

50 PLANET BARU DITEMUKAN

Narasumber :

  • DAILY MAIL REPORTER, Last updated at 8:20 AM on 13th September 2011
  • http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2036631/Scientists-50-new-planets-alien-life.html
Para ilmuwan menemukan lima puluh planet baru ... dan salah satu dari mereka bisa memiliki kehidupan asing.

Astronom Eropa telah menemukan 50 planet baru di luar sistem tata surya kita, termasuk 16 yang merupakan ukuran yang mirip dengan Bumi.

Ini adalah jumlah terbesar planet seperti yang pernah diumumkan pada satu waktu.

Planet terbesar dari batch baru ini HD 85512 b, yang adalah 3,6 kali massa Bumi dan dapat ditemukan 36 tahun cahaya di konstelasi Vela.

Temuan menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari bintang seperti Matahari kita memiliki planet, dan bahwa banyak dari mereka dunia lebih ringan daripada Saturnus. ..........

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

SEORANG ANAK MENYUSU DARI SAPI

Narasumber : Editor Antaranews.com, ent_celebrity_news | Antara22 jam yang lalu

Seorang pria asal Kamboja mengatakan bahwa cucu laki-lakinya menyusu langsung dari sapi sejak orang tua sang anak pergi untuk mencari kerja di tempat lain.

Um Oeung mengatakan bahwa cucunya, Tha Sophat, yang berusia 20 bulan mulai menyusu langsung dari sapi pada Juli lalu ketika dia melihat anak sapi menyusu pada induknya.

Awalnya, sang kakek melarang cucunya melakukan hal itu. Dia kemudian mengijinkan perilaku cucunya itu ketika si cucu menangis keras.


UANG DARI MASA KE MASA
Narasumber :
Gatot M Sutedjo Rabu 8 September 2011

Sebagai alat tukar yang sah, uang memiliki sejarah panjang. Pada mulanya, manusia memenuhi kebutuhan dasar hidupnya dengan berusaha sendiri. Mereka berburu, mengkonsumsi tanaman dan buah, membuat penutup badan dari kulit binatang dan kulit pohon untuk melawan cuaca.

Sejalan dengan perkembangan peradaban, mereka berinteraksi dengan manusia lain. Hal inilah yang disebut manusia sebagai makhluk sosial. Manusia tidak lagi dapat memproduksi seluruh kebutuhannya. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak bisa diproduksi sendiri, mereka harus mendapatkan pada manusia lain. Mereka menukarkan barang-barang yang ada padanya kepada orang lain yang mempunyai barang-barang yang dibutuhkannya. Sistem ini disebut barter.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

NGABUBURIT DI MASJID SOEKARNO DI RUSIA

Narasumber :I Made Asdhiana | Jumat, 5 Agustus 2011 | 17:31 WIB

KOMPAS.com - Bertandang bulan Ramadan di Rusia, tidak afdol bila tidak berkunjung ke masjid biru Soekarno di St. Petersburg. Mampirlah walau hanya untuk salat sunat. Berjarak sekitar 900 km dari Moskwa, semua kelelahan dijamin akan terbayar. Selain beribadah, sebuah pelajaran besar telah ditorehkan: Indonesia pernah disegani oleh negara adidaya Uni Soviet.

Kini semua umat Islam di St. Petersburg sangat berterima kasih kepada almarhum Soekarno.

-- Mufti Jafar Nasibullah

Siapa yang tidak kenal St. Petersburg atau Leningrad? Sebuah kota yang dibangun oleh Peter the Great, atau raja Peter I. Lanskap kotanya tidak beda dengan kota-kota besar di Eropa Barat, seperti Amsterdam, Berlin ataupun London. Letaknya di pinggiran Sungai Neva dan ratusan kanal di dalamnya menjadikan kota ini sebagai Venesia Rusia. Bangunannya, alamak sama modelnya dengan yang ada di belahan Eropa, bertipe barok. Ada museum Hermitage yang lebih lengkap dari Musee de Louvre di Paris. Ada juga istana musim panas Petergof, nangkring di bibir laut Baltik. Manusianya, hmmmm... sangat friendly dengan turis. .....

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

KELEDAI
Pengirim : Bpk. Gatot
Milis dari anakku: Anggara Pranashakti

Tersebutlah seorang petani yang tinggal di daerah pegunungan memiliki keledai satu-satunya sebagai alat angkutan sehari-hari. Suatu hari keledai milik seorang petani jatuh kedalam sumur.

Hewan itu menangis sangat memilukan selama berjam-jam sementara si petani tidak tahu apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan keledai tersebut. Segala upaya telah dicoba untuk mengangkat keledai itu dari dalam sumur, tetapi tidak membuahkan hasil.

Akhirnya , setelah berdiskusi dengan saudaranya diperoleh kesimpulan untuk membiarkan saja keledai itu didalam sumur untuk selanjutnya ditimbun. Alasannya , hewan tersebut sudah tua dan tidak terlalu berguna lagi jika ditolong. Di pihak lain , sumur itu sendiri juga sebenarnya kurang produktif. Dengan demikian menutup sumur dengan keledainya merupakan keputusan yang tepat.

Lalu dia mengajak tetangga-tetanggany a untuk datang membantu.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

ASAL USUL NAMA TEMPAT DI JAKARTA


Kajian sejarah toponomi ini merupakan salah satu upaya dalam menjelaskan sejarah asal – usul nama suatu tempat atau nama kampung yang ada di Jakarta. Ternyata setelah dilakukan penelitian, baik yang bersifat kajian arsip maupun berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa sesepuh dan nara sumber yang layak untuk itu, menyebutkan nama tempat dan nama kampung yang ada di Jakarta, tidak sekedar nama saja. Hampir semua nama yang dikaji pada pengkajian nama tempat dan kampung kali ini, mempunyai riwayat sendiri – sendiri. Berdasarkan hasil kajian sejarah nama tempat dan kampung yang ada di Jakarta, dapat dikelompokkan asal – usul nama tersebut sebagai berikut:

Nama tempat tersebut berdasarkan suatu peristiwa sejarah yang benar – benar terjadi. Suatu peristiwa yang dianggap masyarakat setempat sangat penting dan selalu menjadi patokan atau dikaitkan dengan nama tempat peristiwa itu terjadi.

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

AKIBAT SALAH MENGGUNAKAN MOUSE

Narasumber : http://www.nyebur.com/akibat-penggunaan-mouse-komputer-yang-salah-jangan-sampe-deh/

BERHATI-HATILAH!

Bagi Anda yang selalu bekerja dengan menggunakan KOMPUTER, kesalahan dalam penggunaan MOUSE sehari-hari akan berakibat pada carpal tunnel syndrome / karpal sindrom (istilah dalam kedokteran untuk kelainan pada otot lengan).

Gunakan Mouse dengan BAIK dan BENAR! .....

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

MISI MENCIUM 100 LELAKI ASING DI PARIS

Narasumber : http://www.nyebur.com/gadis-cantik-dengan-misi-mencium-100-lelaki-asing-di-paris/

Yang Ya-ching, Seorang blogger berkebangsaan Taiwan memiliki misi untuk mencium 100 pria tak dikenal di Paris. Ia berumur 27 tahun dan sedang bersekolah di Paris. Dengan hasrat untuk mengenang keberadaannya di kota ini dia memulai misinya dengan mencium salah seorang pekerja advertising yang sedang memasang billboard.

Tindakannya ini menimbulkan kontroversi sendiri di blog pribadinya. Menurut Taipei Times, para lelaki Taiwan agak cemburu dan menyesalkan kenapa misi ini dilakukan di Paris bukannya di Taiwan sendiri. Sedangkan yang lain berkritik bahwa misi ini hanyalah salah satu alasan untuk dapat mencium pria tampan di Paris. .....

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

BAGI YANG PUNYA BAYI ANDA WAJIB BACA INI

Narasumber : http://www.nyebur.com/awas-jangan-mengguncang-bayi-bagi-yang-punya-bayi-atau-balita/

Ini ada artikel yang sangat menarik, khususnya bagi para orangtua atau saudara yang punya bayi atau balita.

Tahukah Anda, beberapa tahun silam, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” –> Salah satu pemicunya ini adalah guncangan pada tubuh bayi.

Pernah melihat orangtua yang melempar-lemparkan bayinya ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sambil berekspresi lucu? .....

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

MILIKI JANTUNG SEHAT DENGAN BUAH APEL


Narasumber : www.yahoo.com tanggal 19 Juli 2011

Liputan6.com, Perth: Pepatah yang berbunyi satu apel sehari untuk menjauhkan dokter tidaklah asing di telinga kebanyakan orang. Bagaimana dengan satu apel sehari untuk jantung yang sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah ahli dari Universitas Western, Australia, baru-baru ini, menemukan apel dapat meningkatkan produksi oksida nitrat (NO) dan fungsi endotel pada jantung. Oksida nitrat bekerja untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan dilatasi pembuluh darah, sehingga lebih banyak darah, oksigen dan nutrisi, dapat diangkut dari jantung ke seluruh tubuh. .....

(Lihat Di Kode Blog FKGG)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews